Kamis, 29 April 2010

SHALAT bag.1

I. KEDUDUKAN SHALAT DALAM ISLAM
Dari Abdullah bin Umar r.a. Bhw Rasulullah bersabda islam dibangun di atas lima perkara pertama bersaksi tiada Ilah yang patut disembah kecuali Allah dan bhw Muhammad adalah Rasulullah.Kedua menegakkan shalat.Ketiga mengeluarkan zakat.Keempat menunaikan haji dan kelima puasa dibulan ramadhan."(Muttafaq alaih:Muslim 1:45 no 16/20. Fathul Bari 1:49 no.8, Tirmidzi IV:119 no 2736 dan Nasa'i VIII:107)

II. HUKUM ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT
Siapa yg menentang kewajicn shalat 5 waktu maka itu artinya telah kafir.
Dari Jabir r.a. Bhw Rasulullah bersabda Sesungguhnya batasan antara seseorang dgn kemusyrikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat(shahihul Jami'us shaghir no 2848,Muslim I:88 no 82, Aunul Ma'bud XII:436 No 4653, Tirmidzi IV:125 No 2751, dan Ibnu Majah 1:342 no 1087)

dari Abu Hurairah r.a. Berkata Aku mendengar Rasulullah bersabda sesungguhnya amal hamba yg pertama kali diperiksa pada hari kiamat adalah shalat wajib.Jika ia menyempurnakanya maka telah beruntung.Jika tidak maka dikatakan kepada para malaikat perhatikanlah adakah ia memiliki amalan sholat sunnah.Jika ia memiliki maka lengkapilah kekurangan amalah shalat fardhunya dgn amalan sholat sunnahnya.Kemudian seluruh amalan wajib diperlukan seperti itu (Hr.Ibnu Majah no 172,Ibnu majah I:458 no 1425, Tirmidzi I:258 no 411 dan Nasa'i I:232)

III. YANG WAJIB MENEGAKKAN SHALAT
Tiapa orang muslim yang telah baliqh dan berakal sehat wajib menegakan sholat
dari Ali r.a. Nabi bersabda telah diangkat pena dan 3 golongan pertama orang yg tidur hingga ia terbangun kedua dan anak kecil sampai ihtilam/mimpi basah.Dan yang ketiga oarang yang gila hingga berakal sehat(Shahihul Jami'us Shaghir no 3513, dan Aunul Ma'bud XII:78 No 4380)

perintahkan anak2mu shalat di waktu mereka tujuh tahun dan pukullah mereka manakal ketika mereka berumur 10 tahun serta pisahkanlah tempat tidur mereka sejak itu (Hasan: shahihul Jami'us shaghir no 5868, Aunul Ma'bud II:162 no 491)

IV. WAKTU WAKTU SHALAT
Dari Jabir bin Abdullah r.a. Bhw Nabi didatangi oleh malaikat Jibril seraya berkata kepada beliau Bangunlah lalu shalatlah maka beliau shalat zhuhur diwaktu matahari tergelincir ke arah arab,kemudian dia datang lagi kepada beliau di waktu ashar seraya berkata bangunlah lalu shalatlah maka beliau shalat ashar ketika bayangan segala sesuatu sama panjangnya denganya.Kemudian dia datang lagi kepada belia pada waktu magrib seraya berkata bangunlah lalu shalatlah maka beliau shalat dikala matahari terbenam.Kemudian dia datang lagi kepada beliau di waktu isya seraya berkata bangunlah lalu shalatlah beliau shalat isya ketika warna kemerah2an telah hilang kemudian datang lagi kepada beliau pada waktu shubuh lalu berkata bangunlah lalu shalatlah beliaupun shalat shubuh di waktu terbitnya fajar atau ketika sinar fajar telah meninggi

Kemudian esok harinya pada waktu zhuhur dia datang lg kepada beliau lalu berkata bangunlah lalu shaltlah maka beliau shalat zhuhur ketika bayangan segala sesuatu sama panjangnya dgn benda aslinya.Kemudian datang lagi kepada beliau pada waktu ashar berkata bangunlah lalu shalatlah beliau shalat ashar disaat bayangan segala sesuatu dua kali panjang benda asliny.Kemudian dia datang lg kepadanya diwaktu malam saat yg sama dgn sebelumnya.Kemudian dia datang lg kepada beliau pada waktu isya ketika separuh malam telah berlalu atau ketika sepertiga malam pertama telah lewat kemudian beliau shalat isya.Kemudian datang lg ketika wakt shubuh mulai sangat terang seraya berkata bangunlah lalu shalatlah maka beliaupun shalat shubuh lantas jibril berkata diantara dua waktu inilah waktu shalat2 itu(Shahih:Irwa-ul Ghalil no 250, al fathur Rabbani II:241 No 90, Nasa'i I:263, tirmidzi I:101 no 150)

Imam Tirmidzi mengatakan bhw Imam Muhammad bin Ismail al Bukhari mengatakan bhw riwayat yang plng kuat dlm mslh waktu2 shalat adalah
1. Shalat Zhuhur waktunya dan tergelincirnya matahari sampai dgn panjang bayangan sgl sesuatu sampai dgn benda aslinya.
2. Shalat Ashar Waktunya dan panjangnya bayangan sesuatu sama dgn benda aslinya berakhr waktu zhuhur hingga terbenamnya matahari
3. Shalat Magrib waktunya dan terbenamnya matahari sampai dgn lenyapnya sinar kemerah2an yg muncul stlh terbenamnya matahari berdasar sabda Nabi "waktu shalat magrib ialah sebelum syafaq merah terbenam"(hasan:Irwa-ul Ghalil I no 268, Muslim 1:427 no 173 dan 612 dan Aunul Ma'bud II:67 no 392 dan Nasa'i I:260)
4. Shalat isya waktunya dan hilangnya syafaq sampai dgn pertengahan malam."waktu shalat isya sampai dgn separoh malam yang tengah"
5. Shalat Shubuh Waktunya dan terbitnya fajar shadiq sampai dgn terbitnya matahari."waktu shalat shubuh adalah dan terbitnya fajar sampai dgn selama matahari belum terbit"

V. SHALAT WUSHTHA
peliharalah semua shalatmu dan peliharalah shalat wushtha berdirilah karna Allah dalam shalatmu dgn khusyu (Al Baqarah 238)

dari Ali bhw Rasulullah bersabd pd waktu perang Ahzab kami dibuat lalai dari shalat wushtha yaituh shalat Ashar.Mudah2n Allah mememnuhi rumah dan kubur mereka dengan api neraka (Shahih :Mukhtashar Muslim no 217 dan Muslim I:437 no 205 dan 627)

BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar