Sabtu, 24 April 2010

Kebenaran

Kebenaran itu berat dan sehat sedangkan kebathilan itu ringan dan berpenyakit.Tipu muslihat yg paling sulit adalah menyifatkan kebathilan dalam bentuk kebenapan pada orang pandai.Tak ada yg dapat menghibur kecuali kebenaran dan tak ada yg menjadikan kesedihan kecuali kebathilan."Banyak orang jahil yg rajin beribadah dan banyak pula orang yang alim durhaka karna itu hati2lah kalian terhadap orang2 jahil yg ahli ibadah dan orang2 durhaka yg menjadi ulama" (Hr.Ad Dailami).
Apakah kamu mengira bhw kamu akan masuk surga padahal belum datang kepadamu cobaan sebagaimana halnya orang2 terdahulu sebelum kamu (Al Baqarah 214).

Bagi yang tak tercegah dari kebathilan sesungguhnya ia telah lupa akan akhiratnya.Kadang seseorang berniat hal yg baik tapi ditengah jalan niatnya pupus karna ulah dirinya sendiri,terkadang ia direkayasa dan kebathilan membinasakanya.Kebanyakan orang memcampur adukan kebenaran dan kebathilan.

"Perumpamaan petunjuk dan ilmu yg mana Allah mengutusku adalah seperti hujan yg mengenai bumi.Daripadanya ada sebidang tanah yg menerima airnya lalu menumbuhkan padang rumput yg banyak.Daripadanya ada sebidang tanah yg menahan airnya lalu Allah memberikan manfaat kepada manusia dgnnya dimana mereka minum dan bercocok tanam.Daripadanya ada sebidang tanah yg gersang tak dapat menahan air dan tak menumbuhkan padang rumput" (Hr.Mutafaq Alaih).

"Barang siapa yg sholatnya tak dapat mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar tiada lain berarti ia makin bertambah jauh dari Allah subhanahu wa ta'ala" (Hr.Thabrani).
"Janganlah kalian berbicara dgn ucapan yg buruk,janganlah kalian sindir menyindir,janganlah kalian mendengarkan khabar orang lain" (Hr.Bukhari,Muslim).

"jadilah kamu seorang pengajar atau pelajar atau mendengar ilmu atau mencintai ilmu dan janganlah kamu menjadi yg ke 5 kamu pasti menjadi org yg celaka" (Hr.Baihaqi).
"sebaik2 umatku adalah orang2 yg bilamana mereka berbuat dosa segera bertaubat dan bilamana berbuat baik merasa gembira" (Hr.Thabrani)

Segolongan dari ahli kitab ingin menyesatkan kamu padahal mereka sebenarnya tak menyesatkan melainkan dirinya sendiri dan mereka tak menyadari.Hai ahli kitab mengapa kamu mengingkari ayat2 Allah padahal kamu mengetahui kebenaranya,hai ahli kitab mengapa kamu mencampur adukan yg haq dan menyembunyikan kebenaran padahal kamu mengetahui? (Al Imran 69-71).

Keridhoan memiliki buah yg melimpah berupa keimanan,keyakinanya semakin mendalam akan melahirkan kejujuran dalam berkata,berbuat dan berprilaku."Dan diantara manusia ada yg mengorbankan dirinya karna mencari keridhoan Allah dan Allah Maha Penyantun kepada hamba2Nya"(Al Baqarah 207).

Jika keyakinan tertanam kuat dalam hati maka bencana akan menjadi karunia setiap ujian menjadi anugrah.Karna sesungguhnya Sang Khalid telah menentukan segala sesuatunya.Manusia cuma bisa berusaha tapi tetap mutlak milik Allah untuk menentukan.Maka berbahagialah orang2 yg tertimpa musibah atas kesabaran dan kerelaan.

Bagi orang yang ingin melakukan kebenaran adalah bertaubat untuk membersihkan hati dan perbuatan yg tercela.Maka datanglah kenikmatan yg akan merubah kegelapan menjadi cahaya,ketakutan menjadi pelindung,karna taubat adalah pusat kekuasan hati yg menjdikan hati menjadi takwa dan berani menghadapi semua ujian dan cobaan.

Barangsiapa yg dikehendaki oleh Allah menjadi buruk maka dihidupkanlah ia terhadap apa yg merugikan,sehingga binasalah dunia dan akhiratnya.Allah menciptakan penyakit dan penawarnya.Maksiat penawarnya ketaatan,kezaliman penawarnya keadilan,kekeliruan penawarnya kebenaran,Menentang Allah penawarnya bertaubat.Maka dari itu sempurnahlah penyembuhan jika mahluk2 yg ada di hatimu tersingkir,kemudian bergaullah dalam ibadah,jangan memberi celah kepada nafsu karna jika engkau mengajarkan ketaatan pada nafsumu dgn patuh pada jalan Allah maka ia ada dalam pengendalianmu.

1 komentar: