Sabtu, 24 April 2010

Menjadi Mukmin yang Sebenarnya.

4 pilar iman yaiuuh sabar,yakin,keadilah dan jihad.

Sabar memiliki 4 cabang yaituh rindu,takut,zuhud dan antisipasi.Barangsiapa yg rindu pada surga,dia akan melupakan segala godaan hawa nafsu dan barangsiapa yg takut neraka dia akan meningalkan segala yg diharamkan.Brangsiapa zuhud didunia dia akan menganggap ringan semua musibah.Barangsiapa yg mengantisipasi kematian dia akan bergegas melakukan amal amal.

4 Cabang Yakin yaituh memandang sgl sesuatu dgn ketajaman pemikiran,menafsirkan dgn hikmah,menjadikan pelajaran sebagai nasehat,sunnah orang2 terdahulu.Brangsiapa yg memandang sgl sesuatu dgn ketajaman fikiran,akan jelaslah baginya hikmah.Brangsiapa yg jelas hikmah dia akan mengenal pelajaran seakan2 dia termasuk orang2 terdahulu.

4 Cabang Keadilan yaituh menyelami pemahaman,mendalami ilmu,mengetahui intisari hukum,kukuh dalam kesabaran.Brangsiapa yg faham dia akan mengetahui kedalaman ilmu.Brngsiapa yg telah mengetahui kedalaman ilmu,tak akan keluar dr syariat2 hukum.Brngsiapa yg bersabar,dia tak akan melampaui batas dalam semua hal.

4 Cabang Jihad yaituh mengajak pada kebaikan,mencegah kemungkaran,lurus dlm tiap keadaan dan membenci orang fasik.

4 Pilar Kekufuran yaituh introgasi,pertentangan,penyimpangan dan perpecahan.Barangsiapa mengingtrogasi berlebihan dia tak akan sampai pada kebenaran.Brangsiapa banyak pertentangan dgn kebodohan dia senangtiasa berada dlm kesesatan.Brangsiapa yg menyimpang kebaikan akan buruk dimatanya,brangsiapa yg terpecah akan sulit urusanya dan sempit jalan keluarnya.

4 Cabang Keraguan yaituh saling bermusuhan,ketakutan,bimbang dan pasrah.

Iman adalah ma'rifat dgn hati,pengakuan dgn lidah dan tindakan anggota tubuh.Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda "Tahukah kalian siapakah org yg paling dahulu mendapatkan naungan Allah? Mereka adalah orang2 yg dberi kewajiban,mereka menerimanya dan apabila diminta menunaikan kewajiban itu,mereka memberikan serta memutuskan perkara orang2 lain sebagaimana mereka memutuskan terhada dirinya sendiri" (Hr.Ahmad).

"Seorang mukmin yg paling utama islamnya ialah terselamatkanya orang2 muslim lain dr lisan dan tanganya.Orang mukmin yg paling utama imannya ialah yg paling baik ahlaknya,muhajjir yg palng utama ialah yg menjauhi hal2 yg diharamkam,jihad palng utama melawan hawa nafsu"(Hr.Thabrani).

Sesungguhnya yang sebenar benar orang mukmin ialah orang orang yg beriman kepada Allah dan RasulNYA (An Nuur 62). Sesungguhnya orang2 yg beriman itu adalah mereka apabila disebut nama Allah gemetarlah hatinya dan apabila dibacakan kepada mereka ayat2Nya bertambah keimanannya karnanya (Al Anfaal 2).

Jika ingn menjadi mukmin yg sebenarnya jagalah lisan,karna tiap kata harus dibuktikan dalam perbuatan.Keburukan kata2 merupakan keburukan hati,maka pergunakanlah waktu dgn sesuatu yg berharga karna masa yg dilewati tanpa dzikir merupakan masa penyesalan di akhirat.

Kehidupan seorang mukmi bagaikan matahari kehidupanya selalu bersinar .Karna orang mukmin adalah orang yg menginginkan kebaikan dan selalu memohon dikaruniai ketaatan,rela dan syukur atas segalanya.Pendalaman hukum2 agama (fiqih).Tiap manusia mempunyai cela dan kebusukan yg andaikata diketahui orang lain maka mereka akan membecinya akan tetapi karna Allah menutupinya.Untuk itu seharusnya kita mengembalikan pujian kepadaNYA yg menutup aib aib manusia.

Allah menjanjikan kpd orang2 mukmin lelaki dan wanita akan mendapat surga yg dibawahnya mengalir sungai2 kekal mereka didalamnya dan mendapat tempat2 yg bagus di surga 'Adn.Dan keridhoan Allah Lebih besar itu adalah keberuntungan yg besar(At Taubah 72)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar