Rabu, 28 April 2010

PENGERTIAN IBADAH

Ibadah dalam arti bahasa arab adalah rasa hina atau ketundukan.Diartikan sebagai sesuatu yang diperintahkan oleh Alloh sebagai syariat bukan dalam artian tradisi.Ibadah adalah segala sesuatu yang di cintai dan di ridhoi oleh Allah baik berupa ucapan,perbuatan yang tampak atau tak tampak dengan rasa cinta,tunduk,pasrah,ikhlas yang sempurna,serta menjauhi hal2 yang bertentangan dgn syariat yang sudah di tentukan Allah.

Ibadah merupakan tujuan yang dicintai dan diridhoi Ajah sebagai tujuan diciptakan jin dan manusia/mahluknya (Adz dzaariyat 56)
Allah mengutus para Rasul dengan risalah Ibadah (Al A'raaf 59).
Allah membenci orang2 yang enggan melakukan ibadah (Al Mu'min 60)

DASAR-DASAR IBADAH
1. Cinta adalah cinta kepada Allah dan Rasulnya yg mengandung makna mendahulukan kehendak Allah dibanding yang lainnya yaituh mengikuti Sunnah Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam serta jihad meraih segala sesuatu yang di cintai Allah.

2. Takut, adalah tak merasakan sedikitpun ketakutan kepada segala bentuk dan jenis mahluk melebihi kekuatannya kepada Allah subhanahu wa ta'ala (Ali Imran 175).

3. Harapan, artinya seorang hamba dituntut untuk selalu berharap kepadaNYA dengan harapan yang sempurna tanpa merasa atau ada rasa putus asa.

TUJUAN IBADAH
"Aku tidak berhajatkan rezki sedikitpun dari mereka itu dan Aku tak menghendaki mereka memberi Aku Makanan" (adz dzaariyat 57)
"Hai manusia kamulah yang berkehendak kepada Allah dan Allah Dialah yang Maha Kaya lagi Maha terpuji"(Fathir 15).
"Barangsiapa yang mengerjakan amal yang sholeh maka pahalanya untuk dirinya sendiri"(Fussilat 46)
"dan barangsiapa yang mensucikan diri mereka sesungguhnya ia mensucikan diri untuk kebaikan diri sendiri"(Faathir 18).
"Dan barangsiapa yang berjihad maka sesungguhnya jihadnya untuk dirinya sendiri"(Al Ankabut 6)

Jadi Tujuan ibadah adalah menghadap kepada Sang Khalid,menyembah,mengEsaakanNYA dgn niat ibadah dalam tiap keadaan guna memperoleh kedudukan di akhirat atau menjadi seorang diantara orang2 dicintai Allah.Dengan melaksanakan ibadah untuk memperbaiki jiwa dan mencari anugrah dan selamat dari azab neraka.

SYARAT SYARAT IBADAH
1. Amalan yang dilakukan hendaklah di akui islam dan sesuai dgn syariat.

2. Amalan hendaklah dilakukan dgn niat yang baik,menjaga kehormatan diri,menyenangkan dan menjadi manusia yang baik dimata orang lain.

3. Amalan hendaknya dilakukan dgn sebaik2nya karna Allah suka apabila seseorang mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan keindahan,ketulusan.

4. Ketika melakukan pekerjaan senangtiasa mengikut hukum2 syariat dan batasnya,tak menzalimi,tidak berkhianat,tak menipu dan menindas atau merampas hak orang lain.

5. Dalam mengerjakan sesuatu ibadah tidak lalai dari ibadah wajib

PERAN IBADAH KHUSUS
Ibadah yang khusus seperti shalat,puasa,zakat,haji adalah untuk mempersiapkan ibadah individu dan harus dilakukan sepanjang kehidupan.
Shalat mengingatkan kita bahwa sesungguhnya kita adalah hamba dan hanya kepadaNYA tempat mengabdi untuk mengeratkan hubungan kita dgn Allah.

Puasa menimbulkan perasaan taqwa kepada Allah sehingga kita tak membatalkan walaupun sendiri.

Zakat mengingatkan kita bhw harta yang kita dapat adalah amanah dan dalam harta itu ada hak hak orang lain.

Haji menimbulkan perasaan cinta dan kasih kepada Allah dalam hati dan ikhlas berkorban kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar