Minggu, 02 Mei 2010

MENGENAL SIFAT SHALAT RASULULLAH bag.7

ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MIN'ADZAABI JAHANNAMA WA MIN'ADZAABIL QABRI WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT WA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAL
artinya ya Allah aku berlindung kepadamu dari siksa jahannam,siksa kubur,fitnahnya hidup dan mati serta fitnahnya Dajjal (Hr. Al Imam Bukhari dan Muslim dengan lafadzh Muslim).

XIV. SALAM
"Kunci sholat adalah bersuci.Pembukanya takbir dan penutupnya yaituh sholat adalah mengucapkan salam"(Hr.Al Imam Al Hakim dan Adz Dzahabi)

Dari Amir bin sa'ad bapaknya berkata saya melihat Rasulullah memberi salam ke sebelah kan dan sebelah kiri hingga terlihat putih pipinya (Hr.Al Imam Ahmad, Muslim dan An Nasa'i serta Ibnu Majah)

Dari 'Alqomah bin Wa-il dari bapaknya ia berkata Aku sholat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam maka beliau membaca salam kesebelah kanan "AS SALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH" dan kesebelah kiri "AS SALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI" (Hr. Al Imam Abu Dawud)

* Macam-Macam Salam
Kadang beliau membaca
AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKATUH---- AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKATUH

atau
AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKATUH----- AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI (Hr. Al Imam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah)

atau
AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI ------ AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI (Hr. Al Imam Muslim)

atau
AS SALAMU'ALAIKUM WA RAHMATULLAHI ------ AS SALAMU'ALAIKUM (Hr. Al Imam Ahmad dan An Nasa'i)

atau
AS SALAMU'ALAIKUM
dengan sedikit menoleh ke kanan tanpa menoleh ke kiri (Hr. Al Imam Al Baihaqi dan Ath Thabrani)

* Gerak yang dilarang
Terkadang terlihat ada yang mengucapkan salam ketika menoleh ke kanan dibarengi dgn gerakan telapak tangan dibuka kemudian ketika menoleh ke kirinya di buka.gerakan ini dilarang oleh Rasulullah
" Mengapa kamu menggerakkan tangan kamu seperti gerakan ekor kuda yg lari terbirit2 dikejar binatang buas?bila seseorang diantara kamu mengucapkan salam hendaklah ia berpaling kepada temannya dan tak perlu menggerakan tangan.
Ketika mereka sholat lg bersama Rasulullah mereka tak melakukanya lg

pada riwayat lain disebutkan seseorang diantara kamu cukup meletakkan tanganya di atas paha kemudian ia mengucapkan salam dgn berpaling kepada saudaranya diseblah kanan dan di sebelah kiri (Hr. Al Imam Muslim, Ibnu Khuzaimah dan At Thabrani)

Diantara gerakan bid'ah dilakukan saat salam adalah gerakan yg dilakukan oleh orang syi'ah dgn menepukkan ke dua tangannya diatas paha tiga kali,sebagai pengganti salam dgn menoleh ke kanan dan ke kiri.hal ini dilakukan oleh syi'ah iran dan sekitarnya.maksud dari gerakan itu adalah melaknat malaikat Jibril telah salah menyampaikan wahyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar