Minggu, 02 Mei 2010

MENGENAL SIFAT SHALAT RASULULLAH bag.5

Dalam membaca Al Qur'an Rasulullah melakukanya dgn tartil,tak lambat juga tak cepat,sebagaimana diperintahkan oleh Allah dan beliau membaca satu per satu kalimat hingga satu surah memerlukan waktu yg lama dibanding kalau biasa tanpa dilagukan.Rasulullah berkata bhw orang yg membaca Al Qur'an kelak akan di seru "Bacalah,telitilah dan tartilkan sebagaimana kamu dl mentartilkan di dunia karna kedudukanmu berada di akhr ayat yg engkau baca"(Hr.Al Imam Abu Dawud dan At Tirmidzi dishahihkan oleh At Tirmidzi)
"Perindahlah/hiasilah Al Qur'an dgn suara kalian karna suara yg bagus akan menambah keindahan Al Qur'an" (Hr. Al Imam Al Bukhari, Abu Dawud, Ad Darimi, Al Hakim dan Tamam Ar Razi).
" Bukanlah dari golongan kami org yg tak melagukan Al Qur'an"(Hr. Abu Dawud dan Al Hakim dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi).

X. RUKU
Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam setelah selesai membc Al Qur'an kemudian berhenti sejenak terus mengangkat kedua tanganya sambil bertakbir seperti takbiratul ihrom kemudian Ruku merundukkan badan kedepan dipatahkan pada pinggang dgn punggung dan kepala lurus sejajar lantai
Dari Abdullah bin Umar berkata " Aku Melihat Rasulullah apabl berdiri dlm sholat mengangkat kedua tangannya sampai setentang kedua bahunya hal ini dilakukan ketika bertakbir hendak ruku dan ketika mengangkat kepalanya dari ruku (Hr. Al Imam Al Bukhari, Muslim Dan Malik)

* Cara Ruku
Rasulullah memerintahkan kepada para sahabatnya Bahwasanya ketika ruku meletakkan ke dua tangannya pada kedua lututnya (Hr. Al Imam al Bukhari dan Abu Dawud).

* Menekan tangannya pada lututnya
"Jika kamu ruku maka letakkan kedua tanganmu pada kedua lututmu dan bentangkanlah/luruskan punggungmu serta tekankan tangan untuk ruku"(Hr. Al Imam Ahmad dan Abu Dawud).

* Merenggangkan jari Jemarinya
"Beliau merenggangkan jari jarinya"(Hr. Al Imam Al Hakim dan dia menshahìhkannya Adz Dzahabi dan At Thayalisi menyetujuinya).

* Merenggangkan kedua sikunya dari lambungnya.
"Beliau bila ruku meluruskan dan membentangkan punggungnya hingga bila air dituangkan diatas punggungnya air trsbt tak akan bergerak"(Hr. Al Imam Thabrani, Abdullah bin Ahmad dan Ibnu Majah)

* Antara kepala dan punggung lurus.
"Beliau tak mendongakkan kepalanya dan tidak pula menundukkannya"(Hr. Al Imam Abu Dawud dan Bukhari). "Sholat seseorang sempurna sebelum dia melakukan ruku dan sujud dgn meluruskan punggungnya"(Hr. Al Imam Abu Awwanah, Abu Dawud dan Sahmi dishahihkan oleh Ad Daraquthni)

* Thumaninah/bersikap tenang
Beliau pernah melihat orang yg ruku dgn tak sempurna dan sujud seperti burung mematuk.lalu berkata "Kalau orang ini mati dalam keadaan seperti itu ia mati diluar agama Muhammad sholatnya seperti gagak mematuk makanan sebagaimana orang ruku tak sempurna dan sujudnya cepat seperti burung lapar yg memakan satu,dua biji kurma yg tak mengenyangkan"(Hr. Al Imam Abu Ya'la, Al Ajri, Al Baihaqi, Adh Dhiya, dan Ibnu Asakir dgn sanad shahih dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

* Memperlama Ruku
Nabi shallallahu'alaihi wasallam menjadikan ruku dan sujudnya juga duduk antara dua sujud hampir sama lamanya (Hr. Al Imam Al Bukhari dan Muslim)

* Doa ketika Ruku
Nabi shallallahu'alaihi wasallam ada beberapa macam doanya.semuanya pernah di baca diantaranya
1. SUBHAANA RABBIYAL'ADHZIM artinya Maha suci Rabbku,lagi maha agung" 3 kali atau lebih (Hr. Al Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dll).
2. SUBHAANA RABBIYAL 'ADHZIMI WA BIHAMDIHI artinya Maha Suci Rabbku lg Maha Agung dan segenap pujian bagiNYA" 3 kali (Hr. Al Imam Ahmad, Abu Dawud, Ad Daraquthni dan Al Baihaqi)
3. SUBBUUHUN QUDDUUSUN RABBUL MALA IKATI WAR RUH artinya Maha Suci,Maha suci Rabb para malaikat dan Ruh" (Hr. Al Imam Muslim dan Abu Awwanah)
4. Berdasarkan hadist dari Aisyah bahwasanya "adalah Nabi shallallahu'alaihi wasallam memperbanyak membaca SUBHAANAKALLAHUMMA WA BIHAMDIKA ALLAHUMMAGHFIRLI artinya Maha Suci Engkau.ya Allah dan dengan Memuji Mu ya Allah ampunilah aku
dalam rukunya dan sujudnya beliau mentakwilkan Al Qur'an"(Hr. Al Imam Al Bukhari dan Muslim)
Doa ini yg palng sering dibaca.dikatakan bhw ada riwayat dari Aisyah yg menunjukkan Rasulullah sejak turunnya surah An Nashr yg artinya Hendaklah engkau mengucapkan tasbih dgn memuji Rabbmu dan memohn ampun kepadaNYA.Sesungguhnya Dia Maha Penerima Taubat (An Nashr 3). Waktu ruku dan sujud beliau selalu membaca doa ini hingga wafatnya.

* Dilarang ketika Ruku
Bahwasanya Nabi shallallahu'alaihi wasallam melarang membaca Al Qur'an dalam Ruku dan sujud (Hr. Al Imam muslim dan Abu Awwanah).
"Ketahuilah bhw aku dilarang membaca Al Qur'an sewaktu ruku dan sujud" (Hr. Al Imam Muslim dan Abu Awwanah).

XI. I'TIDAL DARI RUKU
Dari Abdullah bin Umar berkata "Aku melihat Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam apabl berdiri dlm sholat mengangkat kedua tanganya sampai setentang kedua pundaknya.hal itu dilakukan ketika bertakbir mau ruku dan ketika mengangkat kepalanya bangkit dari ruku sambil mengucapkan SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH"(Hr. Al Bukhari dan Malik)

Ketika sudah tegak dan selesai bacannya disahut dgn bacaan
RABBANAA LAKAL HAMD artinya Rabbku segala puji kepadaMU

Atau RABBANAA WAA LAKAL HAMD artinya Rabbku dan segala puji kepadaMU

atau ALLAAHUMMA RABBANA LAKAL HAMD artinya Ya Allah Rabbku segala puji kepadaMU

atau ALLAHUMMA RABBANA WA LAKAL HAMD artinya ya Allah Rabbku dan segala puji kepadaMU

Dalilnya adalah hadist dari Abu Hurairah :

BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar