Minggu, 02 Mei 2010

MENGENAL SIFAT SHALAT RASULULLAH bag.6

"Apabila Imam mengucapkan SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH.maka ucapkanlah kalian ALLAHUMMA RABBANA WA LAKALHAMD.barangsiapa yang ucapannya tadi bertepatan dengan ucapan para malaikat diampunkan dosa2nya yang telah lewat" (Hr. Al Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa'i, Ibnu Majah, dan Malik)

Kadang pula ditambah dgn bacaan
MIL-ASSAMAAWAATI,WA MIL-ALARDHL,WA MIL-A MAA SYI-TA MIN SYA-IN BA'D artinya mengcakup seluruh langit dan seluruh bumi dan segenap yang Engkau kehendaki selain dari itu (Hr. Ibnu Majah)

XII. SUJUD
Bacaan Sujud beliau membaca
SUBHAANA RABBIYAL A'LAA 3 kali (Al Imam Ahmad)
atau kadang
SUBHAANA RABBIYAL A'LAA WA BIHAMDIH 3 Kali ( Al Imam Abu Dawud)
atau
SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANA WA BIHAMDIKA ALLAHUMAGHFIRLII (Hr. Al imam Bukhari dan Muslim)

XIII. DUDUK ANTARA DUA SUJUD
Dari Aisyah berkata " Dan Nabi shallallahu'alaihi wasallam menghamparkan kaki beliau yang kiri dan menegakkan kaki kanan,beliau melarang duduknya syaithan" (Hr. Ahmad dan Muslim)

Syaikh Al Albani menjelaskan duduknya syaithan adalah dua telapak kaki ditegakkan kemudian duduk dilantai diantara dua kaki tersebut dua tangan menekan dilantai

Dari Rifa'ah bin Rafi berkata bahwa Rasulullah apabila sujud maka tekankanlah dalam sujudmu lalu kalau bangun duduklah di atas paha kirimu (Hr. Ahmad dan Abu Dawud)

Beliau menegakkan kaki kanannya (Al Bukhari)

Menghadapkan jari jemarinya ke kiblat (An Nasa'i)

* Bacaannya
Dari Hudzaifah bahwasanya Nabi shallallahu'alaihi wasallam mengucapkan dalam sujudnya RABBIGHFIRLII, RABBIGHFIRLII (Hr. At Tirmidzi dan Ibnu Majah dengan lafadz Ibnu Majah)

atau
ALLAAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WA'AAFINI WAHDINI WARZUQNI (Abu Dawud)

atau
ALLAAHUMMAGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WAHDINI WARZUQNI (At Tirmidzi)

* Thumaninah dan lama.

XIV. DUDUK TASYAHHUD AWWAL dan TASYAHHUD AKHIR
Dari Abi Humaid as Sa'idiy tentang sifat shalat Nabi dia berkata "maka Apabila Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam duduk dalam dua rakaat/tasyahhud awwal beliau duduk di atas kaki kirinya dan bila duduk dalam rakaat terakhir/tasyahhud akhir beliau memajukan kaki kirinya dan duduk di tempat kedudukannya/lantai" (Hr. Imam Abu Dawud).

* Letak Tangan Ketika Duduk
Dari Ibnu Umar berkata Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bila duduk dalam shalat meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat telunjuk yang kanan lalu berdoa dengannya sedang tangan kiri di atas lutut yang kiri.beliau hamparkan padanya (Hr. Al Imam Muslim dan An Nasa'i).

* Berisyarat dengan telunjuk bisa digerakkan bisa juga tidak
"Kemudian beliau duduk hamparkan kakinya yang kiri dan menaruh tangannya yang kiri atas pahanya dan lututnya yang kiri dan ujung sikunya. diatas paha kanannya kemudian beliau menggenggam jari jarinya dan membuat satu lingkaran kemudian mengangkat jari beliau maka aku lihat beliau menggerak gerakkan berdoa denganya" (Hr. Al Imam Ahmad,Abu Dawud dan An Nasa'i).

Dari Abdullah bin Zubair bahwasanya ia menyebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam berisyarat dengan jarinya ketika berdoa dan tak menggerakkan (Hr. Al Imam Abu Dawud)

* Membaca Doa At Tahiyyaat dan As Sholawaat
Doa tahiyyat beberapa versi,maka dari itu hendaklah pilih yang kuat dan lafadzhnya belum ditambah.salah satu contoh riwayat yang baik berkata Abdullah kami apabila shalat dibelakang Nabi shallallahu alaihi wasallam keselamatan atas jibril dan mikail,keselamatan atas si fulan dan si fulan maka Rasulullah berpaling kepada kami lalu berkata "Sesungguhnya Allah itu As Salam maka apabila shalat hendaklah kalian mengucapkan
AT-TAHIYYAATU LILLAHI WAS SHOLAWATU WAT THAYYIBAT, AS SALAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIY WARAHMATULLAHI WABARAKATUHU, AS SALAAMU'ALAINA WA'ALAA 'IBAADILLAHIS SHALIHIN.ASYHADU ALLAA ILAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHU WA RASULUHU
artinya segala kehormatan,shalawat dan kebaikan kepunyaan Allah semoga keselamatan terlimpah atasmu wahai Nabi dan juga rahmat Allan dan barakahNYA.kiranya keselamatn tetap atas kami dan atas hamba2 Allah yang shalih karna sesungguhnya apabila kalian mengucapkan sudah mengenai semua hamba Allah yang shalih di langit dan di bumi.aku bersaksi bhw tak ada Ilah yang haq selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu hamba dan utusannya (Hr. Al Imam al Bukhari)

Dari Ka'ab bin Ujrah berkata maukah aku hadiahkan sesuatu sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam datang kepada kami maka kami berkata "ya Rasulullah kami sudah tau bagaimana cara mengucapkan salam kepadamu lantas kami harus bershalawat kepadamu beliau berkata ucapkanlah
ALLAHUMMA SHALLI 'ALA MUHAMMAD WA'ALA AALI MUHAMMAD KAMAA SHALLAITA 'ALAA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIDUM MAJID.ALLAHUMMA BAARIK 'ALAA MUHAMMAD WA'ALAA AALI MUHAMMAD KAMAA BARAKTA 'ALAA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIDUN MAJIID.
artinya ya Allah berikanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau memberikan shalawat kepada keluarga Ibrahim.sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.ya Allah berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaiman Engkau telah memberkati keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

* Ta'awudz/berdoa dari 4 hal
Agar tak menyalahi riwayat hadist maka dalam tasyahud awwal bacaanya sampai shalawat pada Nabi sedang Ta'awudz dibaca hanya ketika tasyahhud akhir
Dari Abu Hurairah berkata Rasulullah shallallahu alaihi wasallam apabila kamu telah selesai bertasyahhud maka hendaklah berlindung dari 4 hal,dia berkata...

BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar